Sabtu, 21 Februari 2009

Pertarungan di Golkar


Jangan Jual Murah Golkar untuk "Dagang Sapi"
Surya Paloh menilai soal pencalonan Jusuf Kalla masih sinyal, belum final.
Jum'at, 20 Februari 2009, 23:47 WIB
Siswanto
Surya Paloh (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews – Di jajaran elit Partai Golkar, Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Surya Paloh dikenal sebagai salah satu pendukung Sultan Hamengku Buwono X. Alasannya antara lain, Golkar belum resmi memutuskan calon presiden.

Namun, hasil Rapat Konsultasi Nasional Partai Golkar Kamis pekan lalu mengusulkan agar Jusuf Kalla maju sebagai calon presiden. Apa komentar Surya Paloh?

Berikut wawancara VIVAnews dengan Surya Paloh, dalam dua kesempatan, Selasa 17 Februari dan Jumat 20 Februari lalu.

DPD Golkar akhirnya mengusulkan Jusuf Kalla sebagai calon presiden. Tanggapan Anda?


Itu menunjukkan sinyal yang sangat kuat bahwa para ketua DPD mendukung Pak Kalla.

Artinya?

Itu masih sinyal. Tapi memang keputusan akhir nanti.

Kelihatannya Anda sangat mendukung Sri Sultan Hamengku Buwono X ?

Bagaimana mungkin Ketua Dewan Penasihat tidak mendukung anak buahnya yang ingin maju. Pak Sultan itu kan anggota dewan penasihat.

Tetapi nanti partai yang memutuskan secara resmi. Setelah itu saya akan meminta pendapatnya bagaimana setelah ada keputusan partai, apa masih bersedia maju, masih mentaati peraturan, masih mau disiplin.

Bagaimana peta kekuatan Golkar saat ini?

Dari gambaran yang saya dapatkan, sejauh ini Golkar optimis target perolehan suara di pemilihan legislatif 25 persen itu tidak berlebihan. Target itu harusnya tidak memberikan tingkat variabel di atas dan bawah. Ini suatu hal yang dapat mendorong keyakinan partai, dan juga konstituen.

Ada berapa faksi di Partai Golkar, siapa yang terkuat saat ini?

Pada dasarnya Golkar tidak kenal faksi. Dalam literatur perjalanan partai ini tidak ada yang namanya faksi-faksi. Jadi kalaupun ada yang mengatakan faksi di Golkar, itu hanya interpretasi yang salah dari opini publik.

Kalaupun ada benturan dari satu atau dua elit di tubuh organisasi ini, saya kira itu lazim terjadi. Bukan hanya di Golkar saja, di partai manapun juga begitu.

Tapi yang jelas, kami tidak ada faksi. Kalau seandainya ada faksi, tentu saja saya akan minta faksi itu dibubarkan. Karena itu hanya akan merusak organisasi. Jadi, siapa yang akan klaim sebagai pimpinan faksi atau anggota faksi, berarti mereka itu minta ditendang.

Bagaimana dengan kubu Jusuf Kalla dan Sri Sultan?

Tidak ada. Pak Sultan itu anggota dewan penasihat partai. Sepanjang saya ketahui koordinasi DPP dengan Dewan Penasihat tetap berjalan efektif.

Deklarasi Sultan sebagai calon presiden itu sangat wajar. Karena Golkar sendiri secara resmi belum mengumumkan calonnya. Jadi, sebelum diputuskan partai, Sultan bisa deklarasi. Sultan sebagai kader partai yang jadi calon presiden.
Jadi, secara moral, itu bisa diterima untuk sementara. Sampai ada keputusan dari DPP.

Soal calon presiden, sikap Golkar sebaiknya bagaimana?

Harus tetap percaya diri dan tidak menjual murah partai untuk praktek dagang sapi. Tetap konsisten pada apa yang diperjuangkan berdasarkan basis perjuangan Golkar.

Kapan calon presiden diumumkan secara resmi?

Pertama menunggu hasil pemilu legislatif. Apakah perolehan suara ini nanti signifikan atau tidak. Kan Partai Golkar ini sudah 44 tahun mengalami pasang surut, jatuh bangun. Dengan referensi pengalaman seperti itu, maka harus berpikir cerdas, arif, bijaksana, dan jujur untuk mencapai tujuannya.

Jadi sebelum membuat keputusan, menengok dulu referensi pengalaman dulu. Kalau hasilnya di pemilu bagus, pasti akan tentukan calon dari internal partai. Kalau tidak, ya, mendukung siapa yang terbaik, dari kalangan mana, golongan apa, yang bisa diajak kerja sama dengan Partai Golkar untuk membangun bangsa.

Tidak ada komentar: