Selasa, 20 Januari 2009

Survei DNA Stratcom

Mega-Hidayat Kalahkan Mega-Sultan 


 
Jakarta - Siapa pendamping paling disukai bagi Megawati Soekarnoputri? Sebuah survei menunjukkan Hidayat Nur Wahid menempati posisi teratas. Duet Mega-Hidayat mengungguli pasangan Mega-Sultan. Bahkan pasangan Mega-Sultan hanya berada di urutan ketiga.

Data ini berdasarkan hasil survei DNA Strategic Communication (Stratcom) yang diterima detikcom Selasa (20/1/2009). Survei dilaksanakan sejak minggu pertama dan kedua Januari 2009.

Pengumpulan data ini dilakukan terhadap 1.013 responden di 17 kabupaten/kota dan tersebar di 33 provinsi seluruh Indonesia. Responden dipilih sepenuhnya secara acak dengan metode purposive random. Hasil survei menggunakan margin of error 0.05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei ini diketahui, duet Mega-Hidayat dipilih oleh 40 persen responden. Sedangkan Mega-Setiawan Djody mendapat 21 persen suara. Sementara Mega-Sultan HB X yang dalam sejumlah survei diprediksi akan menjadi pesaing terkuat SBY-JK, justru berada di urutan ketiga, dengan suara sebesar 19 persen.

Di bawah Mega-Sultan HB X, menyusul pasangan Mega-Akbar Tandjung yang mendapatkan suara calon pemilih 14 persen. Namun jika Mega dipasangkan dengan calon lainnya, angka yang bisa ditembus sangat tipis yakni sebesar 6 persen.

Survei ini juga menyandingkan duet pemerintahan SBY-JK yang mampu menembus angka 31 persen. Di bawahnya, duet SBY-Hidayat berada di posisi kedua yakni sebesar 27 persen. Sedangkan jika SBY dipasangkan dengan Sultan HB X, hanya mampu menempel di posisi ketiga dengan 22 persen.

Sayangnya, survei ini tidak membandingkan populeritas pasangan SBY dengan pasangan Megawati. "Kami baru akan melaksanakan survei perbandingan antar pasangan itu pada Februari 2009," kata Managing Director DNA Stratcom, Dono B. Baswoko.

Selain mensurvei calon wakil presiden dari SBY dan Mega, DNA juga menempati SBY sebagai capres yang menempati urutan paling tinggi sebesar 34 persen. Di posisi kedua, Megawati mengejar dengan angka 28 persen.

Sedangkan Hidayat menyusul dengan angka rendah yakni 7 persen. Sultan HB X, Prabowo dan Akbar Tandjung menempel di bawahnya dengan angka 6 persen. Sedangkan untuk Wiranto, calon pemilih hanya memilih sebesar 2 persen.

Berikut data lengkap survei tersebut:

Persentase capres yang diajukan sendiri oleh masyarakat dan akan mereka pilih jika pemilu dilakukan pada saat pelaksanaan survei:
 
1. Susilo Bambang Yudhoyono 34%
2. Megawati Sukarnoputri 28%
3. Hidayat Nur Wahid 7%
4. Jendral TNI Djoko Santoso 6%
5. Sri Sultan Hamengkubuwono X 6%
6. Setiawan Djody 6%
7. Prabowo Subianto 5%
8. Akbar Tanjung 5%
9. Wiranto 2%
10.Siswono Yudhohusodo 1%

Persentase pasangan SBY – Cawapres yang diajukan sendiri oleh masyarakat dan akan mereka pilih jika pemilu dilakukan pada saat pelaksanaan survei:

1.SBY - JK 31%
2.SBY - Hidayat Nur Wahid 27%
3.SBY - Sri Sultan Hamengkubuwono X 22%
4.SBY - Setiawan Djody 9%
5.SBY – pasangan lain-lain 11%

Persentase pasangan Megawati – Cawapres yang diajukan sendiri oleh masyarakat dan akan mereka pilih jika pemilu dilakukan pada saat pelaksanaan survei:

1.Megawati - Hidayat Nur Wahid 40%
2.Megawati - Setiawan Djody 21%
3.Megawati - Sri Sultan Hamengkubuwono X 19%
4.Megawati – Akbar Tanjung 14%
5.Megawati – pasangan lain 6%
( nik / iy )

Tidak ada komentar: