Selasa, 20 Januari 2009

Survei LSN

Image Partai Wong Cilik, Gerindra Kalahkan PDIP  

Jakarta - Jika PKNU mengalahkan PKS dalam pencitraan sebagai partai Islami, maka Gerindra mengalahkan PDIP dalam pencitraan sebagai partai wong cilik. Itulah hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Nasional (LSN).

"Gerindra yang baru berusia seumur jagung berhasil memposisikan dirinya sebagai partai yang peduli terhadap nasib kaum tani," ujar Direktur Eksekutif LSN Umar S Bakry dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (27/11/2008).

Berdasarkan data hasil survei LSN, sebanyak 18,4 persen responden menyebut Gerindra sebagai partai yang paling peduli dengan nasib petani. Partai Golkar yang merajai pemilu selama era Orde Baru hanya disebut oleh 8,1 persen responden. 

Di tempat ketiga ada Partai Bintang Reformasi (PBR) yang disebut oleh 4,3 persen responen. Ironisnya, PDIP yang selalu mengidentikkan diri sebagai partainya wong cilik dan akhir-akhir ini getol mengangkat isu-isu pertanian hanya disebut oleh 3,4 persen responden saja.

"Ini memungkinkan Partai Gerindra dapat meraup suara signifikan dalam Pemilu 2009 nanti mengingat mayoritas penduduk Indonesia masih tergantung pada sektor pertanian," terang Umar.

Citra Gerindra ini tampaknya tidak lepas dari tokoh yang akan dinobatkan sebagai capres partai berlambang kepala Garuda tersebut, yakni Prabowo Subianto. Putra begawan ekonomi Soemitro Djojohadikusumo ini dinilai publik sebagai tokoh yang peduli terhadap masalah pertanian.

"Prabowo Subianto dipersepsikan publik sebagai tokoh nasional yang paling peduli terhadap masalah pertanian," tandas Umar.

Survei tersebut dilakukan pada tanggal 21-31 Oktober 2008 di 33 provinsi di Indonesia. Survei ini melibatkan 1.230 responden yang diwawancarai secara tatap muka. Teknik yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. ( asy / asy )

Tidak ada komentar: