Minggu, 04 Januari 2009

Wiranto Targetkan 26 Juta Suara di Jabar

BANDUNG, KOMPAS - Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto menargetkan untuk meraih 26 juta suara dari Provinsi Jawa Barat. Jumlah suara tersebut sama dengan yang diperolehnya dari Jabar saat mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2004.


”Jabar adalah lumbung suara. Saya yakin masih banyak orang yang mendukung saya sebagai presiden. Andil suara yang besar pada Pemilu 2004 menunjukkan hal itu,” kata Wiranto, Sabtu (3/1), saat meresmikan Gerakan Nasional Pos Wiranto se-Jabar di Gedung Olahraga, Bandung.

Ia pun menyatakan belum memikirkan tentang calon wakil presiden. Hal itu, katanya, masih akan dibicarakan dalam rapat pimpinan Partai Hanura.

Adapun target Hanura ialah bisa masuk ke dalam lima besar partai peraih kursi legislatif di pusat.

Wiranto yang purnawirawan jenderal TNI itu juga mengatakan, rencana koalisi dengan partai lain pun akan menunggu hasil pemilu legislatif.

Meski demikian, ia mengaku telah menjalin komunikasi politik secara intensif dengan partai-partai lain. Salah satu bentuknya ialah ajakan kepada partai lain untuk mengajukan judicial review terhadap UU Pilpres Nomor 42 Tahun 2008.

UU itu, menurut penilaian Wiranto, kurang adil karena membatasi hak masyarakat untuk mendapatkan alternatif pemimpin yang lebih baik.

Jangkau 467 kecamatan

Menanggapi Gerakan Pos Wiranto, ia menyebutkan hal itu sebagai bukti dukungan besar untuknya dari masyarakat Jabar.

”Para relawan ini akan menjangkau masyarakat hingga ke daerah-daerah yang belum bisa dicapai oleh pengurus struktural partai Hanura,” katanya, sembari menambahkan, tujuan utama yang diharapkan para relawan ialah perubahan kepemimpinan.

Menurut catatan Hanura, partai yang didirikan pada 21 Desember 2006 itu telah memiliki 350 relawan struktural hingga tingkat kecamatan di Jabar.

Dari total 620 kecamatan di Jabar, Hanura mengklaim telah memiliki pengurus yang tersebar di 467 kecamatan. Adapun total relawan Pos Wiranto di Jabar berjumlah 3.001 orang.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Hanura Jabar Rida M Karnasetia mengakui akan menghadapi persaingan berat dengan Partai Golkar yang selama bertahun-tahun unggul di Jabar.

Saat meraih 26 juta suara di Jabar pada Pemilu 2004, Wiranto kala itu juga diusung Partai Golkar. ”Kami berharap bisa meraih minimal 25 persen dari 26 juta pendukung Wiranto pada Pemilu 2004,” katanya. (REK)

Tidak ada komentar: