Minggu, 04 Januari 2009

Survei LSI:

Partai Demokrat Paling Banyak Dipilih

s

 
Jakarta - Pemilu legislatif sudah di depan mata, partai-partai politik pun sudah lama berkampanye. Lantas bagaimanakah tingkat keterpilihan partai-partai tersebut dalam Pemilu 2009?

Menurut survei berjudul "Rasionalitas Pemilih: Kontestasi Partai Menjelang Pemilu 2009" yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI), Partai Demokrat menempati urutan teratas sebagai partai yang paling banyak dipilih. 

Dalam survei yang dilakukan pada tanggal 10-22 Desember 2008 pada 2200 responden yang tersebar di 33 provinsi tersebut, partai pengusung SBY itu berhasil mengalahkan PDIP, Golkar, dan partai-partai lain. 

Dalam survei dengan margin error sebesar 2,2 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen tersebut, Partai Demokrat dipilih oleh 17,1 persen responden, melampaui partai-partai lain. Urutan kedua ditempati PDIP, yang dipilih oleh 17,1 persen responden. Di peringkat tiga, terdapat Golkar dengan 13,3 persen.

Lantas, apa yang menyebabkan Demokrat menjadi partai teratas? Menurut Direktur Eksekutif LSI Saiful Mudjani, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut.

"Ada faktor-faktor terkait yang menyebabkan. Citra partai yang terus membaik, kepemimpinan SBY, evaluasi atas kondisi makro dan kinerja pemerintah," jelasnya di kantor LSI, Jalan Lembang Terusan, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (4/1/2008).

Selain itu, Saiful melihat kampanye lewat media massa yang dilakukan Demokrat juga cukup berhasil. "Kampanye lewat media massa bisa dibilang sukses," terangnya.

Dala survei yang sama, Partai Demokrat juga menempati urutan pertama sebagai partai yang bebas korupsi, mengalahkan PKS, PDIP, dan Golkar yang berturut-turut menempati urutan kedua, ketiga, dan keempat.

(alf/nrl) 

SSS

Tidak ada komentar: