Selasa, 23 Desember 2008

Internal Partai Juga Harus Demokratis


Rabu, 24 Desember 2008 | 03:03 WIB

Depok, Kompas - Proses demokrasi idealnya juga dilakukan di internal partai. Artinya, partai politik tidak seharusnya melupakan proses demokrasi di internalnya jika menginginkan demokrasi semakin berkembang di Tanah Air.

Begitu juga dalam proses untuk mengendalikan anggota legislatifnya, idealnya bisa melalui prosedur yang disepakati dalam partai, bukan didorong oleh kepentingan perorangan ataupun pimpinan partai saja.

Hal ini disampaikan pengamat politik Thomas A Legowo dalam promosi doktor ilmu politik Universitas Indonesia di Depok, Selasa (23/12).

Thomas A Legowo yang akrab dipanggil Tomi ini mengajukan disertasi yang berjudul Pola Hubungan Kekuasaan Pemerintah dan Partai Politik pada Masa Orde Baru dan Masa Reformasi. Ia berhasil mendapatkan predikat sangat memuaskan.

”Partai tidak mungkin hanya menuntut demokrasi di luar, tetapi tidak menghiraukan proses di internalnya,” ujarnya.

Terikat aturan parpol

Tomi mengatakan, ketika sebuah partai dikelola secara demokratis, bukan saja prosedur kepartaian akan berjalan, tetapi demokrasi itu juga akan ditularkan ke luar. Namun, ketika internal partai dikelola tanpa demokratis, keputusan pemimpin yang akan berpengaruh besar.

”Bisa dibayangkan, apa pengaruhnya jika dibawa ke luar partai,” ujarnya.

Menurut Tomi, seseorang mendapatkan kebebasan untuk menentukan pilihan politiknya, termasuk partai politik yang akan dimasukinya. Namun, begitu sudah masuk partai, berarti ia dengan sadar telah membatasi kebebasannya sendiri karena ia terikat aturan organisasi dan partai politik.

Prof Ikrar Nusa Bhakti yang menjadi salah satu tim penguji mempertanyakan soal hubungan kedaulatan politik dan disiplin partai. Dalam kondisi seperti apa disiplin partai melalui recall anggota legislatif bisa dilakukan.

Prof Amir Santoso yang menjadi promotor Tomi meminta penjelasan tentang pola hubungan kekuasaan pemerintah dan partai politik dikaitkan dengan kondisi politik saat ini. (MAM)

Tidak ada komentar: