Jumat, 26 Desember 2008

Kampanye Bersama Golkar-PDIP Bukan Agenda Resmi Golkar



Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Fakhrurrodzi

PONTIANAK, KAMIS - Wacana kampanye bersama yang dilontarkan oleh Ketua Dewan Penasehat DPP Partai Golkar, Surya Paloh, belum pernah sekalipun dibicarakan di rapat internal Partai Golkar. Pernyataan tersebut dinilai bukan pula agenda resmi partai jelang menghadapi Pemilu legislatif 2009 nanti.

"Tidak ada pembicaraan seperti itu di internal dan DPP tidak pernah mengagendakan kampanye bersama di Pemilu legislatif antara Golkar dengan PDIP," tegas Ketua Harian Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Golkar, Firman Subagyo, Kamis (25/12).

Firman menjelaskan, tidak mungkin itu terlaksana. Kalau hari kampanye mungkin bisa. Namun, untuk satu tempat, dengan atribut dua partai mustahil terjadi. Apalagi, tuturnya, setelah putusan Mahkamah Konstitusi mengesahkan suara terbanyak digunakan dalam menetapkan calon anggota legislatif terpilih nantinya.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Sekretaris Fraksi PDIP di DPR RI, Ganjar Pranowo. Malahan ia pesimis gagasan yang dilontarkan Surya Paloh untuk kampanye bersama secara riil di lapangan dapat terwujud. Alasannya, dalam Pemilu 2009 nanti, cara pencoblosan menggunakan pilih orang, bukan saja partai .

"Tidak mungkin kampanye bersama antara Golkar dan PDIP di lapangan dapat terwujud. Realitasnya sulit dilaksanakan. Dalam tataran gagasan oke saja," ungkapnya. "Satu partai saja sulit untuk mengkampanyekan coblos partai, apalagi dua partai berbeda. Lebih bagus mereka mengkampanyekan diri mereka, dibandingkan partainya," alasan anggota Badan Pemenangan Pemilu DPP PDIP ini.

Ia juga bakal bertanya lebih lanjut kepada Surya Paloh apa yang dimaksudkan dengan kampanye bersama Golkar dan PDIP sama saja. Ganjar sendiri mesti bertanya-tanya terlebih dahulu dengan teman-teman satu partainya, memastikan apakah ini sudah dibicarakan di internal atau belum sama sekali.

"Barangkali mungkin sudah dibicarakan antara Pak Taufik dengan Surya Paloh mengenai ini. Wacana ini disampaikan ke publik agar mendapat diskursus ditengah masyarakat saja,"lanjutnya.

Saat memberikan pembekalan sekaligus menutup acara Diklat Jurkam Partai Golkar Kalimantan Barat di Gedung Zamrud Khatulistiwa, Rabu (24/12) kemarin, Surya Paloh melontarkan ide kampanye bersama dengan PDIP di tiga provinsi, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Bulan Februari hingga Maret tahun depan, saya dan Pak Taufik Kiemas mengkampanyekan pilih PDIP atau Golkar sama saja," ungkap Surya Paloh.

Dalam Diklat Jurkam lalu, Ketua Dewan Penasehat DPP Partai Golkar, Surya Paloh, mengatakan kampanye bersama itu berisikan program-program kedua partai yang sama-sama satu ideologis, nasionalis.

Tidak ada komentar: